Kirimkan Aspirasi Anda Melalui SMS Layanan Pengaduan Masyarakat Ketik aduan aspirasi anda, kirim ke 081 936 480 333 -
BUPATI BANGLI
Made Gianyar
  FOTO KEGIATAN
Evaluasi Gerakan Rumah Sakit Sayang Ibu Dan Bayi (GRSSI-B) Di Rumah Sakit Umum Bangli 2014

  PENGADAAN

  PRODUK HUKUM
2010
2011
2012
2013

  TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN DAERAH
2012
2013
2014


  KRITIK & SARAN
Minggu, 29 Juni 2014
komang sumerta
kenyamanan masyarakat
Kamis, 12 Juni 2014
i nengah mertayasa
ketidak puasan dengan pelayanan umum
Sabtu, 10 Mei 2014
I Wayan Mertayasa Tangkas
Senin, 17 Maret 2014
I Wayan Suparta
Aliran air PDAM 80% angin
Selasa, 26 November 2013
i wayan dodik wahyu saputra


  FACEBOOK
 
DETAIL ARTIKEL & OPINI
Dibaca : 24356 Pengunjung ||  Bookmark and Share
Yang Unik dari Ritual Mabaung Ande ala Desa Sulahan
Sabtu, 28 April 2012

Bertepatan dengan Buda Kliwon Pahang, Rabu (8/3) masyarakat Desa Sulahan, Susut, Bangli menggelar upacara Ngusaba Desa di Pura Puseh setempat. Upacara ini juga dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua DPRD Kab Bangli I.B. Raka Mudarma, tokoh dan masyarakat setempat. Manggala Karya Sang Putu Putra Yoga mengatakan, Ngusaba Desa di Pure Puseh Desa Pakraman Sulahan dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Dengan menggunakan sarana babi, bebek dan ayam manca warna yang dipuput oleh Ida Pedanda Istri Kania dari Gria Bukit Bangli.

Pura Puseh Desa Sulahan diempon oleh 176 KK pengarep, yangmana prabia upakara berasal dari urunan karma pengarep, masing-masing KK mengeluarkan Rp 500 ribu, bantuan dari Pemkab Bangli dan punia dari masyarakat. Dikatakan juga, ada yang unik setiap pelaksanaan Ngusaba Desa di Desa Sulahan. Dimana digelarnya tradisi nde (maseneng-maseneng) oleh masyarakat. Tradisi Mabuang Ande merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat setiap pelaksanaan Ngusaba Desa dengan menggunakan sarana bambu tiga lawas yang memiliki panjang kurang lebih dua meter, sebelum digunakan bambu terlebih dahulu dipasupati dan dalamnya diisi dengan tetabuhan arak dan tuak. Selanjutnya bambu diarak oleh enam belas pemuda yang masih belia di halaman pura.

Mengawali prosesi Mabuang Ande, terlebihdahulu dilaksanakan ritual mendak dangsil di catus pata, dilanjutkan dengan ngaturang banten gebogan dan mapekideh (keliling) sebanyak tiga kali di lingkungan pura. Ritual ini dimaksudkan memohon izin kehadapan sang pencipta untuk menggelar tradisi Mabuang Ande. Setelah semua prosesi dilalui, barulah tradisi Mabuang Ande dilaksanakan. Enam belas pemuda belia yang sebelumnya sudah disucikan dengan menggunakan sarana bebantenan mulai memegang dan mengarak bambu, mereka bergerak, berteriak layaknya orang kesurupan seperti permainan bambu gila. Namun bedanya dengan permainan bambu gila, Mabuang Ande adalah ritual yang disakralkan oleh warga setempat dan hanya dipertontonkan setiap tiga tahun sekali pada pelaksanaan Ngusaba Desa. Ini rupanya menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat.

Mabuang Anda juga dimaksudkan untuk menetralisir alam beserta isinya dari aura negatif, membuang mala dan memohon kemakmuran kehadapan Sang pencipta. “Jadi ini merupakan bentuk pemujaan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa”ucapnya. Sementara itu Bupati Bangli Made Gianyar mengatakan, Mabuang Ande merupakan ritual unik yang hanya dimiliki masyarakat Desa Sulahan, ini membuktikan betapa Kabupaten Bangli kaya dengan tradisi adat dan budaya masyrakat. “Kita berharap apa yang dikerjakan masyarakat Desa Sulaan dengan menggelar Ngusaba Desa dan serangkaian ritual lainnya, bisa semakin meningkatkan paiketan diantara warga”harapnya.

Sumber : Humas Bangli


Bookmark and Share

ARTIKEL & OPINI TERKAIT
Indek Artikel & Opini
 
WAKIL BUPATI BANGLI
Sang Nyoman Sedana Arta
  VIDEO KEGIATAN
Kunjungan Gerbangdesigot di Desa Sulahan

  SIDA (SISTEM INOVASI DAERAH)
Tim Koordinasi Penguatan SIDa Kabupaten Bangli TA...

  INFO KURS

  SITUS TERKAIT
Pokja RBM Gita Santi Bangli
Pengadilan Negeri Bangli
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangli
Gerbang Indah Nusantara (GIN)
PD BPR Bank Pasar Kab. Bangli
Twitter Pemkab Bangli
Facebook Pemda Bangli
LPSE Kab. Bangli
Layanan Pengaduan Masyarakat
Batur Global GeoPark
Situs Lainnya


  JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Menurut Pendapat Anda Tentang Website Ini?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
Hasil Voting
Dari:519 Responden




  TWITTER


ikuti kami
Copyright © 2012 Pemerintah Kabupaten Bangli. All rights reserved.