Kirimkan Aspirasi Anda Melalui SMS Layanan Pengaduan Masyarakat Ketik aduan aspirasi anda, kirim ke 081 936 480 333 -
BUPATI BANGLI
Made Gianyar
  FOTO KEGIATAN
Atur Kesemberautan Pasar Tumpah Dikawasan Obyek Wisata Penelokan, Pemkab Bangli Segera Bentuk Perbup Tata Niaga

  PENGADAAN

  PRODUK HUKUM
2010
2011
2012
2013

  TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN DAERAH
2012
2013
2014


  KRITIK & SARAN
Kamis, 14 November 2013
krezna arsana
Jumat, 30 Agustus 2013
i nyoman sangging darma yadnya
ptt di bangli
Rabu, 28 Agustus 2013
Kadek Suardhamana
entrance fee wisata di Bangli
Selasa, 16 Juli 2013
iwayan sudana
Jumat, 21 Juni 2013
sang kompyang supriana
LPJ dan JALAN

  DATA PENGUNJUNG

8932087

Pengunjung hari ini : 187
Total pengunjung : 272722

Hits hari ini : 6325
Total Hits : 8932087

Pengunjung Online: 24



 

  FACEBOOK
 
DETAIL BERITA
Dibaca : 1446 Pengunjung ||  Bookmark and Share
Pulihkan Citra Pariwisata Kintamani Disbudpar Bangli Gelar Bimtek Bagi Pemandu Lokal Dan Pedagang Souvernir
Kamis, 28 November 2013

Seiring dengan perkembangan pariwisata Bali yang semakin pesat dan dipilihnya Bali sebagai penyelenggaraan event-event besar berkelas dunia, merupakan salah satu keuntungan bagi kabupaten/kabupaten kota di wilayah ini untuk mempromosikan dan menjual produk pariwisata unggulan masing-masing. Sejalan dengan hal tersebut, peran pelaku pariwisata (pedagang souvenir dan pemandu wisata) memegang peran penting dan sangat menentukan kepuasan wisatawan. Untuk itu para pelaku pariwisata ini sangat membutuhkan perhatian khusus dan pembinaan secara berkala. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli Drs. Nyoman Adnyana, saat membuka Bimbingan Teknis Pelayanan Prima Kepada Pelaku Pariwisata tahun 2013. Acara yang dipusatkan di Restoran Suling Bali, Kintamani, menghadirkan narasumber Ketua HPI Bali Sang Putu Subaya dan Ketua ASITA Bali Ketut Ardana.


 Lebih lanjut Nyoman Adnyana menyampaikan, jauh sebelum pariwisata Bali berkembang sedemikian pesat, diera 80an obyek wisata Kintamani pernah menjadi primadona bagi wisatawan. Namun dalam beberapa tahun kebelakang, obyek wisata Kintamani mulai ditinggalkan oleh wisatawan karena citra buruk yang melekat. Seperti fisik alamnya yang tidak tertata dengan baik dan sumber daya manusia pendukung obyek ini seperti pemandu wisata lokal dan pedagang souvernir sempat mendapat image suka memaksa dan membuat kurang nyaman wisatawan yang berkunjung ke obyek ini. Namun Nyoman Adnyana tidak menepis tudingan tersebut. Namun birokrat asal Batur ini menegaskan, Kintamani sekarang sudah berubah. Bisa dilihat obyek wisata penelokan yang sudah ditata sedemikian rupa. Dan  untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, pemandu wisata lokal dan pedagang souvernir sudah kita bina secara berkelanjutan, seperti yang kita lakukan hari ini”terangnya.


 Dikatakan juga, untuk meningkatkan pengetahuan para pemandu lokal dan pedagan souvernir Kintamani, dalam waktu dekat kita akan mengajak mereka melakukan study ke beberapa obyek wisata yang pengelolaanya sudah baik, salah satunya obyek wisata Danau Beratan, Bedugul, Tabanan. Ini merupakan salah satu program kita untuk memulihkan kembali citra obyek wisata kintamani dimata wisatawan. “Khusus untuk pedagang souvernir dan pemandu lokal, kedepan keberadaan mereka kita harapkan tidak lagi dianggap menjadi parasif, melainkan menjadi satu kesatuan dalam pembangunan pariwisata Kintamani”tegas Adnyana.

 

 Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Wayan Merta mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku pariwisata seperti pedagang souvenir dan pemandu wisata lokal, mengenai pelayanan prima serta Sadar Wisata dan Sapta Pesona, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan. Sedangkan jumlah peserta dari kegiatan ini adalah 100 orang pedagang souvenir dan pemandu wisata dari sebagian restaurant dan objek wisata di Kabupaten Bangli.


Sementara itu Ketua HPI Bali Sang Putu Subaye pada kesempatan itu mengakui kalau obyek wisata Kintamani sudah mulai berubah. Baik dari pembangunan fisik maupun SDM pendukungnya. Namun pihaknya masih melihat ada beberapa hal yang masih harus dibenahi. Sehingga pembenahan mutlak dilakukan, mengingat dewasa ini persaingan produk pariwisata semakin ketat. Tidak saja persaingan antara obyek lokal, melainkan dengan obyek wisata Internasional. “Menghadapi persaingan ini, kita dituntut memiliki produk pariwisata yang berkelas sesuai dengan kebutuhan wisatawan”ucapnya.


 Pihaknya sangat mengapresiasi apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan Pemkab Bangli dalam upaya pemulihan citra Kintamani seperti sedia kala. “Bimtek ini merupakan langkah  tepat, karena langsung menyentuh ke akar permasalahan. Mudah-mudahan dengan kerja keras dari semua pihak, obyek wisata Kintamani kembali menjadi icon pariwisata Bali”harapnya.

Bookmark and Share

BERITA LAINNYA
Selasa, 08 April 2014 Menteri ESDM Jero Wacik Groundbreaking PLT Biomassa Di Bangli
 
Jumat, 28 Maret 2014 Bupati Bangli Buka Musrembang Kabupaten Bangli Tahun 2014
 
Rabu, 02 April 2014 Meriahkan Pelaksanaan HUT Ke-56 RSUD Bangli Gelar Bakti Sosial Bangli
 
Senin, 24 Maret 2014 Gerbangdesigot di Desa Bayung Gede Kintamani
 
Kamis, 13 Maret 2014 Cek Pelayanan Adminduk, Masyarakat Cukup SMS
 
Rabu, 26 Februari 2014 Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Perlindungan Hak Kekayaan Nasional Bangli Ditetapkan Sebagai Kawasan Berbudaya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Oleh Kemenhumham RI
 
Selasa, 25 Februari 2014 Muskerkab PMI Kabupaten Bangli 2014
 
Senin, 24 Februari 2014 Paiketan Pacalang Bangli Dikukuhkan Bandesa Agung MUDP Pertegas Tugas Dan Wewenang Pacalang
 
Senin, 24 Februari 2014 Gerbangdessigot Di Desa Pengejaran Kecamatan Kintamani
 
Senin, 24 Februari 2014 Peduli Warga Kurang Mampu, Bank Pasar Bangli Serahkan Bantuan Bedah Rumah Di Desa Pengejaran
 
Cari berita :    
 
WAKIL BUPATI BANGLI
Sang Nyoman Sedana Arta
  VIDEO KEGIATAN
Industri dan Kerajinan

  SIDA (SISTEM INOVASI DAERAH)
Tim Koordinasi Penguatan SIDa Kabupaten Bangli TA...

  INFO KURS

  SITUS TERKAIT
GIN Banglikab
Gerbang Indah Nusantara (GIN)
PD BPR Bank Pasar Kab. Bangli
Twitter Pemkab Bangli
Facebook Pemda Bangli
LPSE Kab. Bangli
Layanan Pengaduan Masyarakat
Batur Global GeoPark
PEMPROV SULAWESI SELATAN
Pemerintah Kabupaten Barru
Situs Lainnya


  JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Menurut Pendapat Anda Tentang Website Ini?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
Hasil Voting
Dari:451 Responden




  TWITTER


ikuti kami
Copyright © 2012 Pemerintah Kabupaten Bangli. All rights reserved.