Kirimkan Aspirasi Anda Melalui SMS Layanan Pengaduan Masyarakat Ketik aduan aspirasi anda, kirim ke 081 936 480 333 -
BUPATI BANGLI
Made Gianyar
  FOTO KEGIATAN
Evaluasi Gerakan Rumah Sakit Sayang Ibu Dan Bayi (GRSSI-B) Di Rumah Sakit Umum Bangli 2014

  PENGADAAN

  PRODUK HUKUM
2010
2011
2012
2013

  TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN DAERAH
2012
2013
2014


  KRITIK & SARAN
Minggu, 29 Juni 2014
komang sumerta
kenyamanan masyarakat
Kamis, 12 Juni 2014
i nengah mertayasa
ketidak puasan dengan pelayanan umum
Sabtu, 10 Mei 2014
I Wayan Mertayasa Tangkas
Senin, 17 Maret 2014
I Wayan Suparta
Aliran air PDAM 80% angin
Selasa, 26 November 2013
i wayan dodik wahyu saputra


  FACEBOOK
 
DETAIL BERITA
Dibaca : 1955 Pengunjung ||  Bookmark and Share
Pulihkan Citra Pariwisata Kintamani Disbudpar Bangli Gelar Bimtek Bagi Pemandu Lokal Dan Pedagang Souvernir
Kamis, 28 November 2013

Seiring dengan perkembangan pariwisata Bali yang semakin pesat dan dipilihnya Bali sebagai penyelenggaraan event-event besar berkelas dunia, merupakan salah satu keuntungan bagi kabupaten/kabupaten kota di wilayah ini untuk mempromosikan dan menjual produk pariwisata unggulan masing-masing. Sejalan dengan hal tersebut, peran pelaku pariwisata (pedagang souvenir dan pemandu wisata) memegang peran penting dan sangat menentukan kepuasan wisatawan. Untuk itu para pelaku pariwisata ini sangat membutuhkan perhatian khusus dan pembinaan secara berkala. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli Drs. Nyoman Adnyana, saat membuka Bimbingan Teknis Pelayanan Prima Kepada Pelaku Pariwisata tahun 2013. Acara yang dipusatkan di Restoran Suling Bali, Kintamani, menghadirkan narasumber Ketua HPI Bali Sang Putu Subaya dan Ketua ASITA Bali Ketut Ardana.


 Lebih lanjut Nyoman Adnyana menyampaikan, jauh sebelum pariwisata Bali berkembang sedemikian pesat, diera 80an obyek wisata Kintamani pernah menjadi primadona bagi wisatawan. Namun dalam beberapa tahun kebelakang, obyek wisata Kintamani mulai ditinggalkan oleh wisatawan karena citra buruk yang melekat. Seperti fisik alamnya yang tidak tertata dengan baik dan sumber daya manusia pendukung obyek ini seperti pemandu wisata lokal dan pedagang souvernir sempat mendapat image suka memaksa dan membuat kurang nyaman wisatawan yang berkunjung ke obyek ini. Namun Nyoman Adnyana tidak menepis tudingan tersebut. Namun birokrat asal Batur ini menegaskan, Kintamani sekarang sudah berubah. Bisa dilihat obyek wisata penelokan yang sudah ditata sedemikian rupa. Dan  untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, pemandu wisata lokal dan pedagang souvernir sudah kita bina secara berkelanjutan, seperti yang kita lakukan hari ini”terangnya.


 Dikatakan juga, untuk meningkatkan pengetahuan para pemandu lokal dan pedagan souvernir Kintamani, dalam waktu dekat kita akan mengajak mereka melakukan study ke beberapa obyek wisata yang pengelolaanya sudah baik, salah satunya obyek wisata Danau Beratan, Bedugul, Tabanan. Ini merupakan salah satu program kita untuk memulihkan kembali citra obyek wisata kintamani dimata wisatawan. “Khusus untuk pedagang souvernir dan pemandu lokal, kedepan keberadaan mereka kita harapkan tidak lagi dianggap menjadi parasif, melainkan menjadi satu kesatuan dalam pembangunan pariwisata Kintamani”tegas Adnyana.

 

 Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Wayan Merta mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku pariwisata seperti pedagang souvenir dan pemandu wisata lokal, mengenai pelayanan prima serta Sadar Wisata dan Sapta Pesona, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan. Sedangkan jumlah peserta dari kegiatan ini adalah 100 orang pedagang souvenir dan pemandu wisata dari sebagian restaurant dan objek wisata di Kabupaten Bangli.


Sementara itu Ketua HPI Bali Sang Putu Subaye pada kesempatan itu mengakui kalau obyek wisata Kintamani sudah mulai berubah. Baik dari pembangunan fisik maupun SDM pendukungnya. Namun pihaknya masih melihat ada beberapa hal yang masih harus dibenahi. Sehingga pembenahan mutlak dilakukan, mengingat dewasa ini persaingan produk pariwisata semakin ketat. Tidak saja persaingan antara obyek lokal, melainkan dengan obyek wisata Internasional. “Menghadapi persaingan ini, kita dituntut memiliki produk pariwisata yang berkelas sesuai dengan kebutuhan wisatawan”ucapnya.


 Pihaknya sangat mengapresiasi apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan Pemkab Bangli dalam upaya pemulihan citra Kintamani seperti sedia kala. “Bimtek ini merupakan langkah  tepat, karena langsung menyentuh ke akar permasalahan. Mudah-mudahan dengan kerja keras dari semua pihak, obyek wisata Kintamani kembali menjadi icon pariwisata Bali”harapnya.

Bookmark and Share

BERITA LAINNYA
Kamis, 16 Oktober 2014 Bangli Terima Penghargaan Upakarti
 
Selasa, 14 Oktober 2014 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat SMP, Duta Bangli SMPN 2 Tembuku Dinilai Tim Provinsi
 
Senin, 13 Oktober 2014 Wabup Sedana Arta Lepas Jalan Sehat HUT Emas SMANICHI Bangli Ke-50
 
Jumat, 10 Oktober 2014 Bangli Raih Penghargaan Di Bidan Pelayanan PATEN
 
Rabu, 08 Oktober 2014 Serah Terima Barang Milik Daerah, Bupati Serahkan 3 Gedung E-KTP
 
Kamis, 02 Oktober 2014 SDN 2 Tamanbali Duta Bangli Dalam LSS Dan Kantin Sehat Tingkat Provinsi Bali Tahun 2014
 
Rabu, 01 Oktober 2014 Evaluasi Gerakan Rumah Sakit Sayang Ibu Dan Bayi (GRSSI-B) Di Rumah Sakit Umum Bangli 2014
 
Selasa, 30 September 2014 Gerbangdesigot Di Desa Selat Peken, Kecamatan Susut, Bangli
 
Senin, 29 September 2014 Penyerahan Kartu Jamina Kesehatan Nasional (JKN) Secara Simbolis Oleh Kepala Devisi Regional XI BPJS Kesehatan Di Desa Selat, kec. Susut, Kabupaten Bangli
 
Senin, 29 September 2014 Pembukaan Kejuaraan Tenis Junior Bupati Bangli Cup III
 
Cari berita :    
 
WAKIL BUPATI BANGLI
Sang Nyoman Sedana Arta
  VIDEO KEGIATAN
Kunjungan Gerbangdesigot di Desa Batu Kaang

  SIDA (SISTEM INOVASI DAERAH)
Tim Koordinasi Penguatan SIDa Kabupaten Bangli TA...

  INFO KURS

  SITUS TERKAIT
Pokja RBM Gita Santi Bangli
Pengadilan Negeri Bangli
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangli
Gerbang Indah Nusantara (GIN)
PD BPR Bank Pasar Kab. Bangli
Twitter Pemkab Bangli
Facebook Pemda Bangli
LPSE Kab. Bangli
Layanan Pengaduan Masyarakat
Batur Global GeoPark
Situs Lainnya


  JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Menurut Pendapat Anda Tentang Website Ini?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
Hasil Voting
Dari:518 Responden




  TWITTER


ikuti kami
Copyright © 2012 Pemerintah Kabupaten Bangli. All rights reserved.